Kamis, 29 Desember 2016

Kali Biru, Keindahan Alam di Sekitar Sentani

Sentani itu…. ibu kotanya kabupaten Jayapura
Sentani itu… salah satu gerbang menuju propinsi Papua
Sentani itu… nama sebuah bandara
Sentani itu… salah satu danau besar di Papua

Dibalik itu semua ada banyak pesona keindahan yang dapat saksikan di sekitar Sentani. Tanah Papua memiliki banyak spot-spot cantik baik yang ada di pegunungan maupun di pesisir pantainya. Jangankan mengeksplor seluruh Papua, satu bagian kecil saja keindahannya udah berlimpah. Bagian kecil itu adalah Sentani.

Jarak dari kota Jayapura ke kota Sentani sekitar 30-an km, bisa ditempuh dalam waktu tak lebih dari satu jam. Setelah melewati bandara Sentani akan ada pertigaan, pilihlah jalur kiri ke arah Sarmi. Dari satu kita akan disuguhkan jalanan  yang tak begitu besar namun cukup untuk dua kendaraan saling berpapasan. Kondisi jalannya berkelak-kelok dan variasi tanjakan serta turunan, memang ada beberapa bagian jalan saat itu dalam kondisi rusak sehingga tidak disarankan kalau menggunakan kendaraan jenis sedan. Hal yang membuat mata ini terus terjaga adalah pemandangan alam sepanjang perjalanan yang begitu indah. Di sisi kiri ada hamparan danau Sentani yang begitu luas dengan pulau-pulau kecil di tengahnya, sedangkan disisi kanan pemandangan gunung batu kapur serta pepohonan yang rindang. Rasanya rugi bila keindahan dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan.

Setelah melewati pinggiran danau Sentani, kini pemandangan berikutnya baik sisi kiri maupun kanan adalah pepohonan hutan, jalanannya sepi hanya beberapa perkampungan yang ditemui dengan jarak yang relatif jauh dari satu kampung ke kampung lainnya. Pastikan bahan bakar kendaraan sudah penuh terisi pemuh karena tidak terdapat SPBU di jalur ini.

Memasuki daerah Baim ada pertigaan, jalur kiri kea rah Genyem,  Nimbokrang, dan Sarmi sedangkan jalur lurus menuju Kali Biru, Berap, dan Demta. Destinasi kali ini adalah Kali Biru, maka kemudi diarahkan lurus ke arah utara menuju titik tujuan Kali Biru. Setelah berjalan hampir dua jam atau sekitar hampir 60-an km dari kota Sentani akhirnya sampailah di tempat tujuan yaitu Kali Biru.
Sesuai namanya Kali Biru, air yang mengalirnya pun warnanya memang biru dan bersih. Kalaupun ada kotoran itu hanyalah daun-daun yang telah rontok dari pepohonan di sekitar sungai. Ada papan untuk melompat bagi yang hendak mengasah adrenalinnya untuk menjeburkan diri di derasnya aliran kali biru. Anak-anak penduduk asli sekitar tempat itu tampak asyik menyaksikan para pengunjung yang melompat atau sekedar berenang atau berendam dalam dinginnya air kali biru. Tiba-tiba mereka saling dorong dan menceburkan ke dalam kali dan berenang dengan enjoy-nya. Wuih anak sekecil itu udah berani lompat dari ketinggian jebur dan berenang di kali yang lumayan dalam. Saya aja untuk berani melompat butuh waktu berfikir lama dan dorongan maupun dukungan banyak pihak. Hehehe… maklum inget umur.. hehe.

Amazing… keindahan alam Papua yang menakjubkan :

Anak-anak sekitar Kali Biru melihat para pengunjung yang sedang berenang di kali.

Bergembira bersama anak-anak asli Papua
Ayo terjun menembus beningnya air kali