Selasa, 08 Maret 2016

Kiat Menahan Marah


Bagian pertama menuliskan tentang pandangan agama (Islam) terhadap marah. Kemudian pada tulisan kedua, memaparkan berbagai dampak buruk dari marah. Maka di tulisan ketiga ini akan dijelaskan cara-cara untuk mendapat mengendalikan diri dari marah.

Dalam website salimah menerangkan bagaimana caranya akar kita manusia bisa menahan amarah. karena amarah merupakan sumber daripada keburukan yang merangsang setan untuk lebih sering mengajak  hal-hal yang tidak baik. dibawah ini merupakan cara-cara yang efektif dalam menahan amarah kita yang bergejolak dalam hati:


1.    Berlindung (kepada Allah azza wajalla) dari godaan syaitan yang terlaknat,
2.    Diam tidak berbicara.
3.    Apabila mampu meninggalkan tempat itu maka berdirilah lalu pergi.
4.   Bersikap tenang, yaitu duduk apabila sedang berdiri, atau tidur terlentang bilamana sedang duduk. 
5.    Berwudlu,
6.    Melaksanakan sholat.
7.    Menjaga wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
8.  Mengetahui derajat yang tinggi dan kedudukan istimewa yang akan diberikan kepada orang yang bisa menahan dirinya dari marah.
9.     Mengikuti petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika marah.
10.   Mengetahui bahwasanya menahan amarah adalah ciri orang yang bertakwa,
11.   Sadar ketika diingatkan.
12.   Mengetahui akibat buruk sikap marah.
13.   Selalu berdzikir kepada Allah subhanahu wata’ala
14.   Memberikan hak badan untuk beristirahat.


Sebuah kabar gembira bagi siapa saja yang terus berusaha menahan amarahnya, Rasulullah menjanjikan sebuah balasan yang begitu indah, akankah kita tertarik untuk mendapatkannya?
Jangan gampang marah.

مَنْ كَظَمَ غَيْظاً وَهُوَ قادرٌ على أنْ يُنفذهُ دعاهُ اللَّهُ سبحانهُ وتعالى على رءوس الخَلائِقِ يَوْمَ القيامةِ حتَّى يُخيرهُ مِنَ الحورِ العين ما شاءَ

“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki. (HR. Abu Daud, Turmudzi, dan dihasankan Al-Albani)
Semoga bermafaat
Diambil dari berbagai sumber
Sardana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amnesti Pajak Berakhir, Objek Baru Lahir

Hiruk pikuk pelaksanaan program pengampunan pajak atau tax amnesty yang berlangsung selama periode Juli 2016 sampai dengan Maret 2017 tel...