Sabtu, 14 Mei 2016

Jujur Berbalas Jujur

Dalam suatu pengajian, seorang ustadz mengisahkan seorang pedagang sholeh yang senantiasa mengingat pesan Nabi Saw. Diantara pesan tersebut yang dia amalkan dalam usaha dagangnya adalah menginformasikan kepada calon pembeli tentang barang tersebut apa adanya, termasuk apabila barang tersebut terdapat cacat. 
Pesan inipun dijadikan SOP kepada seluruh pegawainya tatkala melayani ke para konsumen.

Suatu ketika, saat pedagang sholeh tersebut sedang tidak berada di tokonya, datang seorang yahudi yang hendak membeli suatu barang. Maka seorang yahudi tersebut dilayani oleh pelayan toko. Namun pelayanan dengan sengaja tidak menceritakan tentang kondisi barang tersebut termasuk cacat-cacatnya. Transaksi pun terjadi dengan harga 3.000 dinar.

Begitu sang pedagang tiba ke tokonya, pelayanan mencerikan bahwa ada seorang yahudi yang membeli suatu barang yang tidak diinformasikan tentang cacatnya. Pedagang sholeh terlihat nampak kecewa dan agak marah atas apa yang dilakukan oleh pelayanannya. Maka ia segera meminta uang yang telah dibayar oleh yahudi tersebut, dan secepatnya dia pun pergi untuk mencari yahudi untuk memberitahukan kondisi barang terdebut.

Selama tiga hari perjalanan, akhirnya yahudi itupun ditemukan. Kemudian pedagang mencerikan maksud dan tujuannya, sekaligus meminta maaf karena telah menjual barang tanpa memberitahukan keadaan barangnya. Yahudi merasa takjub dan kagum atas kejujuran pedagang sholeh tersebut. Yahudi pun menceritakan pula dengan terus terang. Yahudi mengatakan bahwa uang yang digunakan untum membayar barang tersebut adalah uang palsu. Atas kejujuran pedagang sholeh itu, maka yahudi itupun mengganti uang palsu dengan yang asli bahkan menambahkan lagi dengan harga yang lebih tinggi. Bukan hanya itu, yahudi pun menyatakan keislamannya di hadapan pedagang sholeh dan kabilahnya.

Itulah janji dan balasan bagi orang-orang yang beriman dan berlaku jujur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amnesti Pajak Berakhir, Objek Baru Lahir

Hiruk pikuk pelaksanaan program pengampunan pajak atau tax amnesty yang berlangsung selama periode Juli 2016 sampai dengan Maret 2017 tel...